Kamis, 10 Januari 2013

Ribbon Pada Microsoft Office 2007


بسم الله الر حمن الر حيم

Assalamu’alaikum semuanya…
Kali ini saya akan membagikan kalian artikel tentang RIBBON Pada Microsoft Office 2007.
Biasanya, SMP kelas 2 sedang belajar tentang ini. Jadi, kalau teman-teman ditugaskan membuat artikel ini. Silahkan diambil saja. Tapi, lebih baik lagi. Kalau sahabat mencantumkan sumbernya ya ^_^  


Mengenal Ribbon Office 2007
Ribbon pada MS Office 2007 yang dimaksud adalah menu bar yang berisi segala macam icon. Pada MS Office terdahulu berupa menu bar yang berisi daftar menu berupa text list. Pada MS Office 2007, daftar menu berupa text list digantikan berupa icon semua, sehingga membutuhkan tempat yang lebih lebar, menyerupai pita (B Inggris : ribbon).
Salah satu tampilan sangat menarik ketika kita mengaktifkan Word 2007 adalah fitur Ribbon. Ribbon Word 2007 full dengan gambar  icon shortcut/commands.


Menu Ribbon Microsoft Office Word 2007
Ribbon Word 2007 didesain agar pengguna mudah menemukan command sesuai kebutuhan. Command-command dikelompokkan secara logis sesuai tipikal kegunaan/fungsinya di dalam Group, sedangkan Group-group dikelompokkan ke dalam Tab-tab.
Agar Ribbon tidak terlalu penuh, ada beberapa Tab yang hanya aktif bila diperlukan, misalnya tab Picture Tools (Format) yang otomatis muncul jika kita mengklik gambar/image yang terdapat dalam lingkungan kerja.
Sangat dianjurkan untuk memahami dan mengingat pola pada Ribbon Word 2007. Agar saat kita menggunakan Word 2007, dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.
Perbedaan yang sangat berarti antara Microsoft Office versi sebelumnya dengan Microsoft Office 2007 adalah dengan adanya Ribbon. Pada versi sebelumnya Microsoft masih menggunakan menu yang di dalamnya terdapat beberapa sub menu. Dengan adanya sub menu-sub menu ini pemakai jarang yang bisa memanfaatkan fasilitas tersebut secara maksimal karena tidak sedikit submenu-submenu tersebut tersembunyi dan tidak tersentuh oleh pemakai.
Pada Microsoft Office 2007 ini Microsoft memperkenalkan Ribbon yang merupakan fasilitas canggih yang tidak dimiliki oleh aplikasi manapun untuk saat ini. Dengan menu Ribbon ini pemakai tidak lagi direpotkan dengan berbagai menu dan sub menu yang ada dalam suatu aplikasi.
Ribbon adalah suatu cara baru untuk mengelompokkan menu dalam toolbar. Dengan fasilitas ini pemakai tidak lagi direpotkan dengan bermacam-macam menu berbasis teks karena menu-menu dikelompokkan pada toolbar berupa ikon-ikon cantik dan canggih.
Kelebihan menu Ribbon ini adalah bahwa masing-masing menu dapat diakses dengan satu kali klik dan tidak perlu harus keluar masuk menu untuk menemukan fasilitas yang diperlukan.
Ribbon adalah papan berisikan tombol dan ikon perintah pada bagian atas ms office 2007. ribbon ini menggantikan menu dropdown pada ms office versi sebelumnya. ini adalah gambar dari ribbon beserta bagian-bagiannya


dalam gambar ada “dialog box launcher” klik untuk menampilkan dialog yang berisi perintah-perintah tertentu.
cara meminimize ribbon
1. Click Customize Quick Access Toolbar

2. kemudian click “Minimize the Ribbon”
dengan langkah di atas maka ribbon akan terminimize, untuk memunculkan ribbon silahkan klik tabnya.
untuk mengembalikan (maximize) lakukan langkah di atas lagi.
cara lain yang bisa anda lakukan untuk meminimize ribbon adalah dengan cara double klik tab, dan double klik lagi untuk maximize. Atau untuk short key nya tekan Ctrl+F1.

Saya akan menjelaskan sedikit tentang Tab-tab yang ada pada Ribbon
TAB MENU
Tab menu standar pada program aplikasi Microsoft Word 2007 ada 7 macam. Fungsi dan masing-masing tab menu diuraikan dalam materi berikut.
A.      Tab Home
Tab home umumnya merupakan ikon ikon standar yang biasa digunakan untuk mengolah naskah dalam Microsoft Word. Fungsi dari masing-masing submenu pada tab home dijelaskan dalam uraian sebagai berikut :
1)    Submenu Clipboard
Submenu clipboard digunakan untuk menampung sementara file file hasil copy, hasil pemotongan, serta hasil painter. Selain itu sub menu ini digunakan untuk, menampilkan kembali hasil proses copy atau pemotongan yang telah dilakukan.
2)    Submenu font
Submenu font berisi ikon ikon untuk fungsi pengaturan model / jenis huruf, ukuran huruf, menebalkan huruf, mencetak huruf miring, membuat huruf turun, naik setengah karakter, menghapus huruf, memberi warna huruf, memberi backround dan membuat  huruf menjadi besar atau kecil satu karakter.
3)    Submenu paragraph
Kegunaan submenu paragraph adalah untuk pengaturan dan pemberian bullet adn numbering, pengaturan outline number,  melakuakn decrease dan increase identasi paragraph, perataan teks atau Alligment (yang terdiri dari align left, right, dan jutify), pengaturan jarak baris (spasi), pemberian color (fill color), pemberian bingkai (border), dan pengurutan data (short).
4)    Submenu style
Submenu style digunakan untuk mengatur penampilan teks (diantaranya dnegan pilihan normal, tidak berspasi, serta heading).
5)    Submenu editing
Submenu editing digunakan untuk proses pengeditan teks.

B.      Tab Insert
Fungsi dari masing-masing submenu pada tab insert dijelaskan dalam uraian berikut.
1)    Submenu Page
Submenu page digunakan untuk pembuatan cover, membuat atau membuka dokumen yang masih kosong dan membuat penggalan halaman.
2)    Submenu Tabel
Submenu Insert tabel digunakan untuk menyisipkan atau memasukan tabel ke dalam lembar kerja word.
3)    Submenu Ilustrations
Submenu Ilustrations digunakan untuk memudahkan dalam mendisain lembar kerja dengan cara menambahkan gambar, Clip Art, ­Shapes (gambar-gambar yang ditampilkan Word 2007), dan menyisipkan grafik.
4)    Submenu Lnk
Apabila kalian menginginkan untuk dapat menghubungkan file ke file yang lain, maka pilihan link ini akan membantu dan mempermudah kalian menghubungkan ke file lain termasuk Internet.
5)    Submenu Header and Footer
Insert Header and Footer digunakan untuk menyisipkan terks pada header dan footer sebuah dokumen serta pemberian nomor halaman.
6)    Submenu Text
Insert text digunakan untuk membuat Text Box, membuat Word Art (huruf Indah), serta pembuatan Drop Cap (huruf menjadi lebih besar di awal paragraph)
7)    Submenu Symbol
Insert Symbil digunakan untuk membuat / memasukan rumus serta simbol-simbol ke dalam teks.
C.       Tab Page Layout
Fungsi dari masing-masing submenu pada tab page Layout dijelaskan dalam uraian sebagai berikut :
1)    Themes
Themes digunakan untuk pengaturan huruf dengan format sesuai keinginan (misalnya heading, normal, dan lain-lain).
2)    Page Setup
Page Setup digunakan untuk pengaturan margin (batas tepi atas), paper size (ukuran kertas), dan pembuatan kolom teks.
3)    Page Backround
Page Backround digunakan untuk memformat halaman menjadi berwarna, watermark, dan pembuatan bingkai halaman kertas.
4)    Paragraph
Pada submenu Paragraph ini kalian dapat mengatur seberapa besar Indentasi (menjorok) serta membuat spasi antar baris teks kalian.
5)    Arrange
Arrange digunakan untuk mengatur tata letak / posisi teks di dalam halaman, seperti di letakan di depan atau di belakang gambar.
D.      Tab Refrences
Tab ini digunakan untuk memasukan berbagai perintah seperti menuliskan footnot (catatan kaki), menyisipkan gambar, dan membuat benda citasi.
E.       Mailings
Tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat missal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label.
F.       Tab Review
Tab review berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta mempreloteksi dokumen.
G.    Tab View
Tab view digunakan untuk menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan menampilkan garis bantu pada lembar kerja. 











Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar :

Poskan Komentar